Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Pendakian Saat New Normal Covid-19

By Soniaaa - 6/27/2020 02:13:00 PM



Saat beberapa jalur pendakian gunung dibuka, setelah tiga bulan lebih semua gunung di Indonesia tidak ada aktivitas pendakian maka alam menjadi bersih dan asri. Namun tidak menutup kemungkinan jalur pendakian sudah banyak ditumbuhi rumput-rumput atau pohon-pohon yang membuat jalur menjadi tidak terlihat jelas atau mungkin bisa saja jalur pendakian bersinggungan dengan habitat hidup liar yang dapat membahayakan para pendaki.

 

Mendaki gunung menjadi hal yang sangat digandrungi oleh banyak orang di berbagai kalangan dan usia. Saat ini tentunya keinginan menghirup udara bebas sangatlah diinginkan oleh orang banyak setelah lebih dari tiga bulan melakukan karantina diri saat pandemi Covid-19. Mendaki gunung bisa menjadi alternatif tempat kita bisa menghirup udara bebas.

 

Penulis membagi menjadi tiga hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pendakian dengan protokol new normal Covid-19 sebagat berikut;

1.      Peraturan dari Pemerintah & Pemandu Gunung

Sebelum melakukan pendakian sebaiknya pendaki mencari informasi yang dapat dipercaya mengenai peraturan-peraturan yang perlu dipenuhi untuk bisa mendaki gunung yang ingin dituju dengan protokol new normal Covid-19.

2.      Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan pendakian new normal yang resikonya tidak  bisa kita kendalikan. Namun resiko dari faktor eksternal dapat kita minimalisir. Dalam hal ini faktor eksternal new normal dalam melakukan pendakian antara lain:

a.      Saat mendirikan tenda

 Sebaiknya mendirikan tenda tidak saling berhadapan. Tenda diisi setengah dari kapasitas tenda.

b.      Saat melakukan tracking

Saat melakukan tracking sebaiknya memperhatikan tingkat keramaian agar tetap melakukan protokol physical distancing, menggunakan buff atau masker,  tidak saling bertukar botol minuman  atau alat makan dengan pendaki lain.

3.      Internal

Faktor internal ialah faktor yang dapat kita kendalikan karena berasal dari kesadaran diri sendiri:

a.       Menjaga kesehatan diri,  tidak memaksakan diri saat melakukan pendakian.

b.      Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi selama proses pendakian.

c.       Mencuci tangan setiap makan menggunakan tangan (menggunakan hand sanitizer).

Tetap semangat salam Lestari!


  • Share:

You Might Also Like

0 silakan tinggalkan komentar ya reader :)