Academy NSBC 2014 #Beberapa Jam Lebih Dekat dengan Vikra Ijas

By Sonia - 12/08/2014 09:34:00 PM



Salah satu rangkaian acara NSBC 2014 yang pertama kali Limau Manih ikuti adalah Academy. Jadi begini, di Academy ini peserta diberi pembekalan mengenai semua hal berkaitan tema NSBC 2014 yaitu “Energizing Youth Spirit Through Social Business Era”. Peserta mendapat pelatihan social business dari pemateri keren-keren. Saya sendiri begitu senang bisa berjumpa dengan orang-orang sukses dan kreatif seperti itu. 

Mas Vikra Ijas, merupakan CEO dari situs bisnis yang ngetop kitabisa.com. Coba teman-teman kunjungi situs itu, dan bakal banyak disana bisnis kreatif yang meginspirasi. Dari materi yang disampaikan Mas Vikra, saya mendapat ilmu yang tidak didapatkan di perkuliahan, bagaimana teknik pitching yang benar. Udah tau pitching apa belum? Nah, pitching itu dasarnya sama dengan presentasi. Hanya saja kalau presentasi lebih fokus untuk menyampaikan ide maupun gagasan. Sedangkan kalau pitching, fokus kasih informasi plus bagaimana membuat pendengar tertarik, intinya lebih persuasif agar pendengar tertarik misalnya dalam bidang bisnis. Selain itu, pitching juga bisa diartikan sebagai “ngobrol bareng”. 

Nah, Mas Vikra ngajarin bagaimana membuat slide pitching yang benar. Slide-slide seperti di perkuliahan itu bukanlah slide yang benar dan bagus. Karena rata-rata mahasiswa hanya copy-paste dari internet—saya juga tak luput dari itu, haha. Dari sinilah saya belajar bahwa slide membosankan seperti di perkuliahan memang bisa membuat mati mendadak, haha, kalau kata Mas Vikra “jika slide kalian nanti saat pitching tetap kayak begitu, saya bakal mati ditempat”. Karena saya gak mau Mas Vikra mati ditempat saat Limau Manih pitching—eh salah fokus deh—jadinya saya semalaman putar otak untuk membuat sesuatu yang beda dari slide yang pernah saya buat. Alhamdulillah, sepertinya ilmu dari Mas Vikra berguna sekali. 


Cover dari slide RPU :D lanjutannya lumayaaan keren lah. Setidaknya gak membuat Mas Vikra mati di tempat wkwk, kan gak lucu, lagi asik-asik pitching eh Mas Vikra yang kece itu malah down. Hehe. Ini lagi persiapan buat tempur pitching.
 
Selain itu, peserta juga dikasih pembekalan bagaimana teknik saat pitching berlangsung. Judulnya materinya saat itu “The Art of Presentation”. Peserta diajarin apa aja seni dalam melakukan presentasi yang eye catching. Beberapa hal yang bisa diambil kesimpulan dari materi ketika itu adalah :

1.      Salah satu yang membuat kamu gagal presentasi adalah karena gagal komunikasi alias gak pede buat jadi speaker
2.      Yang tadi itu, slide nya bikin mati mendadak alias gak visual
3.      Great atention untuk 1 menit di awal
Buat apa? Agar pendengar mau memberikan perhatiannya sedikit saja untuk mendengarkan. Kan gak lucu kalo kita lagi semangat berkoar-koar di depan eh gak ada yang respect dari pendengar. Bikin sakit di hati nanti, hehe. Nah, ciptakan bagaimana 1 menit saja untuk first impression agar mereka yang di depan mau mendengar dan kasih perhatian sedikit saja.
4.      Sebagai orang yang di depan lagi ngomong, tentu harus terlihat beda dari yang lainnya. Artinya kamu harus bisa membawakan diri berkharisma di depan banyak orang. Ini lebih kepada kepercayaan diri, kalo kamu gak PD ya bakal ciut ketika sudah di depan.
5.      Punya PD yang bagus sih oke, tapi gak boleh over. Ciptakan posture yang tenang, asik, santai dan enak dilihat.
6.      Take it easy when mistakes. Yang namanya manusia tentu gak luput dari khilaf. Kadang kamu salah omong, lupa, salah kelakuan atau semacamnya hingga dapat disebut sebagai sebuah kesalahan. Kamu gak boleh terlalu larut dalam kesalahan itu, anggap saja bahwa orang lain juga pernah salah dan berdiri di depan situ saja sudah selangkah lebih maju dari orang di depan kamu. Saat itu, kamu yang punya keadaan, jadi gunakan sebaiknya.

Suasana pelatihan teknik pitching dari Mas Vikra Ijas

Salah satu track dari Mas Vikra, elevator pitching, gimana granding atention selama 1 menit saja, Pak De jadi lead-nya Limau Manih kala itu

Pas lagi foto-foto di venue-nya Rumah Perubahan, eh Mas Vikra lewat aja gitu, yaudah saya minta foto bareng :3 mayaaan buat kenang-kenangan, agak greget aja gitu sama gondrongnya haha

  • Share:

You Might Also Like

0 silakan tinggalkan komentar ya reader :)