Memberantas Buta Internet

By Sonia - 5/13/2014 07:49:00 AM

Zaman sekarang bisa jadi dikatakan zaman internet. Segala bentuk kegiatan dapat dilakukan dengan menggunakan internet. Pokoknya apapun bisa dilakukan dengan internet, mulai dari berbisnis, berkomunikasi, belajar, dan sebagainya. Bahkan, saya sendiri mengenal internet sudah sejak duduk di bangku SMP dan manfaatnya sudah banyak saya dapatkan. Namun  sampai sekarang pun rasanya sedikit tertinggal kok saya mengenal internet agak telat ya, haha. Nah, beruntung anak-anak yang tumbuh berkembang di zaman seperti ini yang sejak belia sudah mengenal internet.

Sedikit ulasan mengenai internet. Internet adalah kepanjangan dari Interconnection Networking. Internet merupakan jaringan komputer yang begitu luas, dapat menghubungkan antara pemakai komputer dengan pemakai komputer lainnya di seluruh bagian dunia. Pada internet, ada yang dinamakan TCP dan IP. TCP adalah Transmission Control Protocol yang digunakan untuk mengatur semua komponen yang ada dapat bekerja dengan baik dan dapat digunakan. Sedangkan IP adalah Internet Protocol yang berguna untuk mentransfer data-data yang telah ada dari satu komputer ke komputer yang lainnya sehingga dapat saling berbagi informasi. Dan untuk menggunakan internet dibutuhkan Internet Service Provider yaitu semacam jasa pelayanan jaringan internet. Setelah jaringan internet dapat tersambung dengan komputer maka kita dapat berselancar di dunia maya.

Oh ya, dari tadi saya ngomong panjang lebar tentang internet, dan apakah pembaca tau tentang internet? Ada yang menjawab iya, dan ada yang menjawab tidak! Hah? Tidak? Bagi pembaca atau punya kenalan yang tidak tau internet bisa jadi sedang menderita buta internet! Gawat juga tuh, karena mungkin sebagian besar yang buta internet mengalami kurang pergaulan, eh maaf. Tapi tenang, sesuai judulnya, di tulisan ini saya akan mencoba mengulas mengenai obat sehat untuk orang yang sedang menderita buta internet, hehe.

Apakah kamu tau internet?
Jika jawabannya iya, sudah pasti bahwa Anda sudah mabok browsing dari pagi sampai pagi lagi, eh, hehe. Tentunya lanjutkan ya, karena kita dapat belajar banyak hal dari adanya internet. Nanti saya juga akan memaparkan beberapa manfaat dari penggunaan internet.

Jika jawabannya tidak atau ada kenalan yang tidak tau internet, coba simak beberapa tips berikut ini. Cekidot...

      Komputer atau Gadget
Jika memiliki komputer atau gadget, coba deh aktifkan koneksi jaringan internetnya dan beberapa saat kemudian dunia maya dalam genggaman :D Tapi jangan lupa ya untuk memastikan bahwa saldo untuk pemakaian internet cukup agar tetap bisa menikmati layanan internet.

Nebeng
Seburuk-buruknya jika komputer ataupun gadget tidak punya, coba deh lirik teman sebelah yang berpunya alias nebeng. Ini bisa menjadi salah satu alternatif dengan biaya yang paling sangat murah karena cukup memastikan bahwa teman berbaik hati meminjamkannya.

Warnet
Jika tidak punya komputer atau gadget, kan masih ada warnet. Nah, masih tidak tau warnet? Haduh, coba deh kunjungi salah satu tempat yang disana banyak orang, biasanya kebanyakan anak-anak yang tengah duduk berjejer di depan komputernya masing-masing. Tentunya pake bayar dong. Tapi cukup murah, biasanya ada paket untuk beberapa jam.

Nongkrong
Komputer punya, dan gadget pun punya, namun tidak cukup saldo untuk koneksi ke internet. Nah, coba nongkrong di tempat-tempat yang memiliki wifi gratis deh. Selain itu, nongkrong di perpustakaan kampus misalnya adalah suatu alternatif untuk memberantas kebutaan internet. Apalagi sekarang di setiap jurusan di kampus jaringan wifi sudah tersedia. Manfaatkan saja, karena yang gratis memang mengasikkan, hehe.

Masalah Kebiasaaan
Komputer ada dan jaringan internet juga oke tapi jarang memanfaatkannya. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor adanya buta internet. Nah, maksimalkanlah fasilitas yang sudah dimiliki karena di luar sana apalagi orang-orang yang di daerah pedalaman masih belum bisa merasakan manfaat internet karena susahnya jaringan.

Beberapa tips tadi mungkin dapat berguna bagi pribadi yang belum sepenuhnya mengetahui internet atau yang lebih parah buta internet. Selanjutnya adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk ikut andil dalam memberantas buta internet. Simak ya.
  • Memfasilitasi sekolah-sekolah atau setidaknya komputer sekolah dengan jaringan internet gratis (wifi) sehingga siswa dapat berkembang dalam bidang teknologi. Hal ini juga berlaku untuk kampus-kampus dan kantor-kantor. Tentunya pemanfaatannya harus dibatas yang wajar.
  • Sosialisasi mengenai internet beserta manfaat dan kekurangannya. Ini suatu kegiatan yang tentunya sangat berguna bagi masyarakat dimana mungkin masih ada yang belum sepenuhnya mengetahui keuntungan yang dapat didapatkan dan kekurangan yang harus dicermati dalam pemakaian internet.
  • Mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan internet. Nah, ini merupakan langkah jitu untuk membarantas buta internet. Seperti kegiatan Pekan InformasiNasional 2014 yang tahun ini diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat. Secara tidak langsung kegiatan ini memberikan dorongan dan semangat bagi generasi muda untuk terus berkembang dalam teknologi.


Mengapa Harus Internet?

Mengapa sih harus internet? Mungkin ada beberapa orang yang mengajukan pertanyaan ini. Sepertinya sangat erat kaitannya dengan manfaat dari penggunaan internet itu sendiri. berikut ini beberapa manfaat yang mungkin dari pemakaian internet.

Media Pembelajaran
Media untuk belajar bukan saja berpatokan kepada guru di kelas ataupun buku-buku pelajaran. Saat ini, segala bentuk informasi tentang pembelajaran sudah berjamur di dunia maya. Kita dapat mengunduh berbagai jurnal, makalah, buku online, slide presentasi, bahkan skripsi juga dapat ditemukan sebagai bahan referensi pembelajaran selain buku-buku nyata.

Media Penyampaian Informasi
Informasi seputar kejadian atau peristiwa yang tengah terjadi dapat juga kita nikmati melalui internet. Bahkan berita-berita di dunia maya lebih cepat dan lebih up to date dibandingkan radio, tv atau media cetak.

Media Komunikasi
Adanya fasilitas internet membuat kita dapat terhubung dengan berbagai orang di belahan dunia. Sekarang sudah banyak aplikasi yang bertebaran di dunia maya dengan maksud dapat menghubungkan orang yang terbentang oleh jarak. Sebagai contoh saja, saya merasa sangat terbantu sekali dengan adanya layanan videocall sehingga hubungan jarak jauh yang tengah saya dijalani masih berjalan lancar, hehe. Saya akui bahwa jaringan internet sebagai media komunikasi memang memberikan manfaat yang begitu besar.

Media Bisnis
Saat ini tidak perlu pusing memikirkan modal yang dikeluarkan untuk membangun sebuah gedung dalam melancarkan bisnis karena dengan fasilitas internet pun kita sudah bisa mempunyai toko sendiri yaitu berupa akun pribadi, website, blog atau sebagainya. Media berbisnis di dunia maya cukup dinilai efisien karena dianggap murah, simpel dan dapat menggait pembeli yang banyak dengan mudah di seluruh wilayah.

Media Hiburan
Internet juga tidak hanya bermanfaat untuk hal-hal yang berat namun juga dapat menjadi sarana hiburan. Berbagai game sudah tersedia, kita juga dapat mengunduh berbagai jenis hiburan lainnya melalui internet. Bahkan, jika tidak punya media untuk berbagi kemampuan berseni, maka dengan internet kita dapat meng-upload karya seni dapat dinikmati oleh orang lain.

Selain manfaatnya, penggunaan internet juga tidak luput dari efek buruk. Berikut ini adalah dampak negatif dari penggunaan internet berdasarkan manfaatnya tadi.

Plagiat
Internet memungkinkan para penggunanya untuk menjadi seorang plagiat. Kenapa? Pengguna cenderung menerima instan bahan pembelajaran yang diunduh di internet. Padahal, segala materi yang didapatkan dari internet adalah bahan referensi bukan untuk ditiru habis-habisan. Hal ini membuat pemikiran pengguna tidak berkembang sehingga tidak kreatif.

Hoax
Terkadang berbagai berita yang ada di internet hanya sekedar hoax atau berita bohong belaka yang dibuat-buat. Bahkan ada sebagian yang cenderung menyebar berita tidak benar demi kepentingan perorangan sehingga merugikan orang lain.

Kebebasan
Akses data melalui internet kadang disalahgunakan. Apalagi dampaknya sangat berpengaruh bagi anak-anak yang belum sepenuhnya tau mana yang benar dan tidak benar. Terkadang orangtua tidak setiap waktu bisa mengontrol anak. Yang ditakutkan adalah bahwa anak tumbuh dewasa sebelum waktunya. Oleh karena itu, sebaiknya orangtua terus memantau dan membimbing anak dalam pemanfaatan internet.

Penipuan
Penipuan adalah penyimpangan yang sangat mungkin terjadi di dunia maya. Sebagai contoh, beberapa saat yang lalu teman saya berniat membeli baju via online di sebuah olshop (online shop), ketika sudah dilakukan transfer biaya, barang yang dipesan tidak kunjung sampai ke alamat. Barulah beberapa saat kemudian teman saya menyadari bahwa dia mengalami penipuan karena ada pembeli lainnya yang mengeluh hal yang sama. Nah, hal ini harusnya dijadikan sebuah pembelajaran bahwa jangan gampang percaya dengan hal berbau bisnis menyangkut uang di dunia maya. Pastikan kalau bisnis tersebut memang sudah terpercaya agar tidak lagi terjadi penipuan.

Kecenderungan
Sebagai media hiburan, internet juga membawa dampak negatif di bidang ini yaitu kecenderungan pengguna. Anak-anak sudah terlena dengan berbagai game yang ditawarkan, sampai-sampai lupa waktu dan lebih parahnya mereka lebih memilih nongkrong di warnet ketimbang belajar di kelas. Sangat disayangkan memang. Nah, dari sini saya juga bersyukur atas keterlambatan saya dalam mengetahui internet, bahwa permainan alami ketika kecil dulu jauh lebih bermanfaat. Selain dapat memupuk persaudaraan dengan teman sepermainan, permainan ketika kecil dulu malah lebih membumi. Selain anak-anak, kecenderungan ini juga diderita oleh kaum remaja dan dewasa. Terkadang saat dikelas, mahasiswa pun asik bermain game online ketimbang memperhatikan dosen yang tengah memberikan asupan ilmu pengetahuan.


Terlepas dari berbagai manfaat dan keburukan penggunaan internet tadi, adalah tugas kita untuk pandai memilih dan memilah mana yang baik dan buruk. Berpandai-pandailah memanfaatkan suatu teknologi agar tidak ketinggalan dan berusahalah untuk meminimalisir keburukan yang mungkin dapat terjadi agar tetap menjadi pribadi positif.

Salam semangat! :D 

Berikut ini merupakan flowchart singkat mengenai topik yang saya bahas tadi. Maaf ya kalau jelek soalnya baru masih belajar, hehe.

Tips Memberantas Buta Internet

Oh ya sebagai info, postingan ini juga saya ikut sertakan dalam lomba Pekan Informasi Nasional 2014 yang diadakan oleh pemerintah Sumatera Barat. Berikut ini adalah gambaran umum dari kegiatan Pekan Informasi Nasional 2014 :


Kegiatan Pekan Informasi Nasional (PIN) tahun ini diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat. PIN 2014 ini adalah yang ke-6 kalinya digelar. Adapun tujuan dari adanya kegiatan PIN 2014 ini adalah untuk  meningkatkan pengetahuan, apresiasi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Pihak-pihak yang akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Informasi Nasional ini adalah instansi pemerintah, komunitas, lembaga swasta, LSM serta masyarakat umum sebagai peserta dalam memeriahkan acara ini. kegiatan yang akan diselenggarrakan nantinya adalah berupa festival pertunjukan rakyat, pergelaran media tradisional, sarasehan, pertunra dan KIM, aplikasi teknologi informasi (lomba blogger & animasi), bidang pameran teknologi informasi, postel dan penyiaran, bidang parade budaya nusantaradan marching band dan masih banyak kegiatan menarik lainnya. Kegiatan-kegiatan ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan antusiasme warga terhadap PIN, menambah pengetahuan generasi muda akan dunia ICT serta menambah kepedulian masyarakat akan potensi sosial budaya yang mereka miliki. (Sumber : Pekan Informasi Nasional 2014 )
Silahkan kunjungi juga link berikut untuk info lebih lanjut : Pekan Informasi Nasional 2014 
Semoga postingan ini bermanfaat :)

  • Share:

You Might Also Like

0 silakan tinggalkan komentar ya reader :)