Bergabung bersama Todayhandmade

By Sonia - 2/04/2016 07:49:00 PM

Terakhir pengalaman yang menyenangkan bagi saya adalah ketika bantuin bukak booth Today di acara Acreate Padang. Semacam acara konser musik bersamaan dengan pasar kaget industri kreatif anak muda se Padang. Kebetulan diajakin teman, maka Today ambil bagian juga. Saya kalang kabut ketika itu karena juga harus ngurusin Lapao Craft yang mau berkunjung ke Yogyakarta untuk ikut lomba business plan di UII Yogya. Sebisanya saya bagi-bagi waktu nyambil bikin project video Lapao di acara tersebut.

Semacam nggak percaya kenapa bisa gabung di Today. Soalnya menurut terawangan saya cukup sulit dan nggak mungkin. Tapi yang Diatas selalu memeluk mimpi-mimpi saya baik yang kecil sekalipun J Terimakasih yang tak terhingga~




~~~
Sekitaran tahun 2014 saya mulai melirik dunia crafting alias handmade barang-barang yang goalnya mau jualan bikin olshop gitu. Berawal juga dari terbentuknya Lapao Craft sebagai bentuk bukti kesukaan saya dan teman-teman satu kosan dalam dunia handmade. Melalui akun twitter yang pada waktu itu lagi hits, saya menjadi kelayapan dimana-mana sampai ketemulah akunnya @todayhandmade. Saat itu ingin sekali mendirikan sebuah komunitas handmade di Kota Padang yang sebelumnya belum pernah ada. Tergeraklah hati saya untuk mengajak Today bergabung lalu kami akan berkolaborasi menjadi pelopor berdirinya komunitas handmade.

Saya dengan nekatnya menghubungi admin Today melalui DM Twitter (padahal masih bau-bau SMA yang dulunya sangat nggak mau ngomong ckck). Admin yang satu ini welcome banget sama saya yang kemudian obrolannya jadi enak. Sampai saya juga dikenalin sama partnernya—jadi pendiri Today ada 2 orang—yang ternyata pacarnya sendiri wehehehe sepasang kekasih ternyataaa. Obrolan berlanjut bersama partner Bang Mai, Kak Monica Aldelya, yang sekarang akrab saya sapa Kak Monik.

Kak Monik orangnya sangat supel, disuguhin dengan jawaban-jawaban ramahnya ngebuat saya pengen banget ikut serta dalam Today. Parahkan saya, baru aja kenal udah ekspektasi yang lebih wkwk. Saya utarakanlah niat ke Kak Monik untuk bergabung, tetapinya langsung DITOLAK. HAHA. Yasih, opi ya gitu. Kak Monik belum bisa mengizinkan saya untuk bergabung kala itu sebab urusan produksi Today masih bisa di handle sama Bang Mai dan Kak Monik. Jadilah saya sedih, dan tidak putus asa dong! Wkwk. Hubungan yang baik terus saya jalin bersama pendiri Today tersebut. Hingga sekitaran Agustus-September tahun 2015 saya resmi dijadiin bagian dari Today.

First meeting bersama Kak Monik ketika itu sehabis saya KKN, jadi saya ditemani Zeri salah satu teman KKN. Bertemunya kami di Mcd ketika itu seperti malam mingguan karena kebetulan Sabtu malam yuhuu. Saya sih deg-degan sebelum ketemu Kak Monik soalnya saya ngefans sama kakak berambut panjang satu ini. Kak Monik sedang menempuh pendidikan di DKV Universitas Negri Padang yajelas toh dia jago desain dan produk-produk Today bikin saya pengen banget ikut dalam timnya. Akhirnya ketemu, daaaaan ngobrol banyak hal. Beneran semacam meeting bersama client gitulah. HAHA.





“Bisnis itu nggak bisa dipegang banyak orang dek”, gitu kata Kak Monik. Saya jadi paham betul dengan kejelasan yang disampaikan. Kakak aja yang udah berdua sama pasangannya masih saja ada konflik ngurusin Today. Apalagi kalau lebih dari dua kepala pastinya tambah ruwet. Jadi dengan alasan inilah Kakak nolak saya sebelumnya karena nggak mau orang ketiga? Wessss...bukan, maksudnya nggak mau ada tambahan kepala lagi. Ngerti kan ya..

Kakak juga bilang kalau berbisnis itu jangan setengah-setengah. Jangan takut-takut, jangan malu-malu, dan jangan gampang nyerah apalagi jangan negative thinking sama kemampuan. Saya yang emang gampangan patah semangat liat kemampuan yang setengah-setengah jadi langsung paham kalo “opi mah harus percaya diri”. Jadi malam itu saya seperti dijatuhi nasehat-nasehat dari Kak Monik. Tapi pulangnya saya nggak bawa tangan kosong. Saya dipercaya untuk jadi bagian Today yang ngurusin promosi di media sosial. Lalalayeyeyey, akhirnya saya semakin tau banyak tentang Today.

lagi sibuk!
mika, kucingnya kak monik
terimakasih yang sudah berpartisipasii
headbandnya saya sama kak monic yang bikin loooh, available di @todayhandmade yaah
Singkat cerita saya mulai kerja freelance. You know, saya pengen banget punya pekerjaan sampingan gitu buat cari pengalaman sama link. Akhirnya dikasih sama yang Diatas kesempatan ini. Bukan buat cari tambahan jajan, bukan itu saja, saya lebih menikmati bagaimana pelajaran dan pengalaman yang saya dapat. Mulai dari manajemen waktu untuk kuliah dan freelance promosiin Today biar banyak customernya. Gimana juga ngadepin pembeli yang tingkahnya macem-macem. Alhamdulillah sampai saat ini kondisi aman dan lancar terkendali wehehe. Buat belajar lebih jauh saya sering main (read nginep) di kosan kakak. Kebetulan juga ada kucing (WAAA, $_$ ada kucing) si mika yang selalu nemenin di kosan kakak. Ohya, kita berdua udah berjalan jauh buat ngebeli bahan inventory Today lho. Hihi, udah deket malah sampe nginep di rumah kakak di daerah Solok. Bayanginlah beli-beli bahan di Bukittinggi terus ke Solok via Padang Padang. Perjalanan yang amat cukup lelah, muehehe. Malam-malam diatas jam 9 ngelewatin Danau Singkarak itu rasanyaaaaa....merinding. Adaa aja hal yang diomongin. Mulai dari cerita kakak yang udah jalan keliling Jawa pake packpackeran, cerita kepengennya kakak pake kerudung tapi masih konflik batin huhu, sampe cerita cinta-cintaan wahaha. Saya yang emang suka denger cerita nangkep bangetlah obrolan ketika itu.

we are graviti crews
ini jualannya da buble, ceritanya lagi nebeng wkwk
Saat ini Today lagi off soalnya kakak mau fokus skripsweetnya. Saya yang sebenarnya mau bantu ngelanjutin nggak dikasih izin dulu sampai on lagi. Nanti setelah kelar sidangnya barulah bisa gerak lagi buat Today. Kasian banyak customer yang nanya-nanya sampai sekarang jadi nggak tega bilang lagi off order. Mau gimana lagi, kalau bisnis harus dipikirin matang-matang biar life cycle nya lama dan dipercaya sama pelanggan. Maaf yah buat yang mau order ditunggu aja, doain cepet-cepet open lagi J

Buat yang mau tau tentang Todayhandmade, silahkan cek di intagram yah @todayhandmade happy shopping \-/


Warnai hari lukislah duniamu,

Sonia 

  • Share:

You Might Also Like

0 silakan tinggalkan komentar ya reader :)